Monday, October 6, 2014

One Piece : Seputar Cerita Tentang Yonko

Yonko

Para Yonko dikenal sangat kuat, memiliki pengaruh yang besar serta memegang kontrol atas puluhan kelompok bajak laut lainnya. Meski begitu, mereka tidak saling bersekutu dan lebih memilih untuk tetap independen dalam berbagai situasi, meski tidak menutup kemungkinan menunggu kesempatan menyerang rival lainnya di saat mereka lengah.
Beberapa Shichibukai diketahui pernah bertarung dengan Yonko di masa lalu. Dracule Mihawk sering menantang Shanks bertarung pedang, Gekko Moriah pernah melawan Kaido serta Crocodile yang pernah dikalahkan Shirohige di Dunia Baru. Menjadi Yonko sepertinya harus memiliki kemampuan bertarung yang hebat, dengan armada bajak laut yang kuat serta anggota kru yang kuat juga.
Para Yonko kebanyakan berada pada situasi dimana mereka tidak dapat melangkah lebih jauh lagi di dunia baru karena kehadiran Yonko lainnya atau usaha dari pihak angkatan laut dan Shichibukai, sehingga lebih memilih menetap ketimbang melanjutkan petualangan.
Para pemerintah kemudian mulai berkompromi dengan kehadiran mereka, terutama karena kekuatannya yang besar. Dengan Yonko yang terjebak dalam situasi kebuntuan, memungkinkan dunia untuk tetap stabil.

Kekuatan

Yonko adalah salah satu dari tiga kekuatan besar, selain Angkatan Laut dan Shichibukai. Dengan kekuatan dan pengaruh yang dimilikinya sedemikian rupa sehingga mereka hidup layaknya seorang kaisar, hidup dengan sesuka mereka. Secara individual, mereka merupakan bajak laut yang paling kuat di dunia. Mereka juga memiliki anggota kru yang kuat-kuat serta sejumlah besar armada kapal dengan banyak kru. Tak hanya itu, kekuatan mereka masih ditambah dengan sejumlah besar sekutu yang menyatakan kesetiaannya kepada Yonko.
Sebagai gambaran kekuasaannya, mereka dapat menyatakan suatu lokasi yang dipilih sebagai milik mereka. Pendeklarasiannya cukup hanya sering didengar orang lain, baik kepada angkatan laut atau bajak laut lainnya untuk mengakui otoritas mereka. Bahkan pada paruh kedua grand line dunia baru, mereka memiliki wilayah kekuasaannya masing-masing. Wilayah tersebut mendapatkan keuntungan dari perlindungan yang disediakan kaisar, menjaga batas aman dari faksi yang mungkin ingin menyerang mereka.
Hanya gabungan kekuatan dari Angkatan Laut dan Shichibukai, serta perpecahan di antara mereka, yang bisa menandingi kekuatannya. Selama Perang Whitebeard, diperlukan gabungan kekuatan penuh Angkatan Laut dan Shichibukai hanya untuk melawan hanya satu dari Yonko dan anak buah beserta sekutunya. Kemungkinan dua atau lebih dari Yonko untuk membentuk aliansi sudah cukup untuk menimbulkan kepanikan Pemerintah Dunia, seperti yang terlihat ketika Pemerintah Dunia mencoba untuk mencegah pertemuan antara Shanks dan Shirohige.
Pemerintah Dunia takut kalau dua kekuatan Yonko bisa bersatu bersama-sama dan menciptakan ancaman yang kuat. Sebuah perang antara dua Yonko dianggap sebagai krisis, seperti usaha Shanks menghalangi Kaido menyerang Shirohige turut membuat Angkatan Laut terkejut. Dan juga ketika Shanks menghentikan perang Whitebeard dengan memberi pilihan ikut berperang, mampu membuat mereka berpikir ulang.

Riwayat

Zaman Keemasan Bajak Laut

Tidak diketahui kapan keeksisan Yonko mulai ada. Di masa dahulu Shirohige saling berseteru dengan Raja Bajak Laut Gold. D. Roger sementara Shanks masih menjadi salah satu awak kru Roger. Tidak diketahui juga apakah istilah Yonko telah ada pada era Roger.
Kemudian peristiwa eksekusi raja bajak laut 22 tahun yang lalu turut mengakhiri dominasi seseorang di grand line. Peristiwa ini juga dimulainya era keemasan bajak laut ditandai dengan banyaknya bajak laut rookie yang turun ke laut mencari harta karun One Piece dan menjadi raja bajak laut berikutnya. Diantara mereka seperti Crocodile yang kemudian dikalahkan Shirohige, atau Gekko Moriah yang tundukkan Kaido.
Kemudian sekitar 10 tahun sebelum cerita dimulai, Shanks bersama kelompok rambut merah mengunjungi desa Foosha di East Blue dan bertemu Luffy. Shanks kehilangan lengan kirinya setelah menyelamatkan Luffy yang tenggelam dari serangan monster laut. Tidak diketahui apakah ia sudah menjadi Yonko pada waktu itu.

Shanks dan Shirohige

Arc Puncak Perang

 

Shanks mengirim Rockstar untuk mengantar surat undangan pertemuan kepada Shirohige. Kabar ini berhasil diketahui pihak pemerintah dan menimbulkan kepanikan di kalangan mereka. Pemerintah sebetulnya telah melunak dengan sisa kekuatan dunia semacam Yonko dan dengan situasi mereka yang terjebak kebuntuan memungkinkan dunia tetap stabil. Namun bersamaan dengan kekalahan Shichibukai Crocodile di tangan kru topi jerami, pemerintah menjadi was-was dengan kestabilan dunia setelah dua Yonko membuat janji pertemuan.

Kemudian di kisah CP9, saat armada Angkatan Laut mengalami kekalahan dan gagal melakukan blokade mencegah pertemuan antara kedua Yonko di dunia baru. Khawatir jika mereka berdua membentuk aliansi, pemerintah mengambil sikap menunggu untuk melihat apa yang terjadi. Shanks percaya kalau era Shirohige akan berakhir, sambil mengingatkan ia akan sepak terjang Marshall D. Teach dan menyarankan memanggil pulang Portgas D. Ace. Namun Shirohige menolak diperintah dan mereka kemudian terlihat saling beradu kekuatan.

Perang Whitebeard

Arc Marineford

Dalam upaya menyelamatkan komandan divisi ke-2 Portgas D. Ace, Shirohige bersama sekutunya menyerang Marineford. Yonko lainnya Kaido mencoba menyerang Shirohige, namun dapat dicegat Shanks. Untuk menghadapi Bajak Laut Whitebeard, Angkatan Laut turun dengan kekuatan penuh termasuk dibantu para Shichibukai. Setelah banyak pihak yang ikut terlibat dalam perang, Shirohige akhirnya tewas di tangan Marshall D. Teach. Tak lama kemudian Shanks tiba di marineford dan berhasil menghentikan perang.

Setelah kematian Shirohige, Yonko menjadi tiga dan keseimbangan Tiga Kekuatan Besar telah hancur, mengakibatkan kekacauan di seluruh dunia. Pulau yang dulunya dibawah perlindungan Shirohige seperti pulau Gyojin dan Foodvalten, diserang para perompak. Sementara itu, para bajak laut rookie yang dikenal dengan label "Supernova" (kecuali kru topi jerami) melanjutkan petualangan mereka di dunia baru dan menghadapi kekuasaan para Yonko. X Drake tiba di sebuah pulau yang menurut Scotch merupakan favorit Yonko Kaido. X Drake kemudian menyerangnya dan mendapatkan perhatian Kaido.

Saga Dunia Baru

Arc Pulau Manusia Ikan

Sepeninggal Shirohige, Big Mam ganti melindungi pulau Gyojin dan sebagai bayarannya, pulau Gyojin harus memberikan sejumlah besar permen setiap bulannya. Namun setelah kudeta yang dilakukan Bajak Laut Manusia Ikan Baru, mereka kemungkinan besar akan menghadapi kemarahan Big Mam setelah kekurangan permen sebagai pembayaran, namun Monkey D. Luffy telah menyatakan bahwa ia akan membuat pulau Gyojin sebagai wilayahnya dengan mengalahkan Big Mam. Sementara itu, Eustass Kid bentrok dengan salah satu kapal milik Big Mam dan berhasil menenggelamkannya.

Sesuai prediksi Gorosei, Kurohige merebut posisi Shirohige sebagai Yonko dan berhasil menaklukan sebagian besar bekas wilayah Shirohige. Mereka juga memburu pengguna Buah Iblis untuk diambil kekuatannya

Trafalgar Law menjadi seorang Shichibukai ketimbang meneruskan petualangannya di dunia baru. Menurut Law, hanya ada dua cara bertahan hidup di dunia baru yaitu bergabung di bawah payung kekuasaan Yonko atau terus-terusan melawan mereka. Law bersama Luffy kemudian membentuk aliansi untuk menundukkan semua Yonko; dimulai dengan Kaido. Sementara itu, Eustass Kid dengan Scrathmen Apoo membentuk aliansi serupa menghadapi Yonko Big Mam.
Yonko Kaido dan Shichibukai Donquixote Doflamingo saling berbisnis dengan Doflamingo bertindak sebagai broker pemasok "SAD"; semacam Buah Iblis tipe zoan tiruan yang diproduksi ilmuwan Caesar Clown. Kaido juga diketahui memiliki sekitar 500 anak buah dengan kemampuan buah iblis dari SAD.

Aliansi Bajak Laut Saga

Arc Punk Hazard

Menurut Caesar Clown, Kaido telah mengumpulkan batalyon pengguna Buah Iblis tipe Zoan dengan menggunakan Smile yang diberikan oleh Donquixote Doflamingo. Selama peristiwa Arc Punk Hazard, Trafalgar Law menawarkan Monkey D. Luffy beraliansi untuk menggulingkan Kaido, lalu Luffy setuju, tetapi juga menyindir bahwa dia akan menggulingkan keempat-empatnya. Eustass Kid, Basil Hawkins dan Scratchmen Apoo juga melakukan suatu perjanjian dan membentuk aliansi untuk mengalahkan salah satu Yonko. Ketika Kid melihat bahwa Luffy dan Law telah membentuk aliansi mereka sendiri, Kid yakin bahwa mereka juga menargetkan Yonko dan ia bertanya-tanya siapa target mereka.

Arc Dressrosa

Teach mendengar pembicaraan dengan Jesus Burgess melalui Den Den Mushi, yakni Burgess menyatakan bahwa Aokiji tidak bisa dipercaya. Mendengar bahwa Luffy telah tiba, Kurohige menyambutnya sebagai bajak laut muda dan menyatakan terkejut bahwa ia adalah seorang pejuang juga di turnamen Corrida Colosseum untuk memperbutkan Mera Mera no Mi. Mengetahui mengapa Luffy memasuki turnamen, Teach meyakinkannya bahwa Burgess akan menjadi pejuang untuk mendapatkan buah itu dan bahwa akan menjadi sama jika krunya mendapatkan itu seperti memiliki Ace, karena yang terakhir Ace menolak tawaran sebelumnya. Luffy kemudian marah menyatakan bahwa ia tidak akan mengizinkan dia untuk mencuri kemampuan Ace.

No comments:

Post a Comment